Latest Movie :
Home » , » Cara Install Windows XP di Laptop / Notebook Acer 4738Z

Cara Install Windows XP di Laptop / Notebook Acer 4738Z

{[['']]}
Banyak laptop-laptop atau notebook keluaran terbaru yang bervariatif terutama dari segi harganya. Dan tentunya sudah pasti ada kekurangan dan kelebihannya juga dari setiap produk yang kita beli, salahsatunya kasus yang terdapat pada Notebook ACER 4738Z yang hanya bisa menggunakan windows7 sebagai Operating System nya. Pendapat saya sih mungkin hal itu dilakukan sebagai salahsatu strategi untuk meningkatkan penggunaan Windows7. 

Dalam kasus ini, Acer 4738 menggunakan sistem setting hardisk SATA AHCI, Sehingga tidak bisa di Install Windows XP Karena XP tidak mengenal AHCI. So, bagaimana caranya agar kita bisa menginstall OS Windows XP pada Acer 4738Z ? Bagi agan-agan yang kebetulan mau menginstall Windows XP pada Acer 4738Z, atau sekedar mau mencobanya karena penasaran saja, silahkan simak langkah-langkahnya dibawah ini:

Untuk membuat notebook Acer 4738Z bisa di install pake operating system windows XP, tidak bisa begitu saja main install. Sebenernya ada dua cara (mungkin ada yang lain?, pertama dengan update BIOS-nya, tapi ini kalau tidak hati-hati resikonya bisa mati total dan tidak mau kebuka lagi, saya tidak merekomendasikan yang satu ini. Cara kedua dengan mengintegrasikan master XP with SATA AHCI nya menggunakan NLITE. Jadi mendingan pake cara yang kedua saja ya.. 

Ini dia cara-caranya: 

Peralatan yang dibutuhkan untuk mengintegrasikan SATA AHCI nya itu antara lain:

  1. Net framework 
  2. NLITE 
  3. Sata AHCI ACER 4738Z. 
Kalo sudah ada semua, kita mulai buat CD Installer XP yang sudah include driver SATA AHCI (tentunya di komputer lain dulu)

  • Instal dulu Net framework kemudian NLITE nya.
  • Buka NLITE lalu pilih NEXT.
  • Klik BROWSE dan arahkan dimana master XP kamu simpan (bisa langsung dari CD Installer XP  ato copyan nya di hardisk).
  • Klik Next..
  • Karena disini kita hanya ingin mengintegrasikan SATA AHCI, jadi untuk tahap yang ini langsung di NEXT saja.
  • Setelah itu ada pilihan pengintegrasian. Karena kita hanya mau mengintegrasikan Sata AHCI nya jadi pilih saja “DRIVERS”.
kalau mau membuat XP kamu menjadi SP3 yang awalnya SP1/2 tinggal pilih saja “Service Pack”. Dan untuk membuatnya menjadi sebuah CD yang bootable tinggal di tambah saja di “Bootable ISO”, nanti dia akan membuat sebuah file ISO yang bisa langsung diburning ke CD. Setelah memilih model pengintegrasian, dilanjut dengan klik NEXT.
  • klik “INSERT”, lalu pilih “Multiple Driver Folder” dan kemudian pilih folder (extrak dulu kalo masih dalam format .Zip) dimana agan meletakkan file SATA AHCI nya. Pilih drivernya (f6flpy32_85) klik “OK” > pilih “OK” lagi. Nah! disini agan harus pilih MODE yang “TEXTMODE DRIVER” dan kemudian pilih saja semua drivernya dan klik “OK”. Lalu NEXT.

  • Disini agan pilih YES saja, nanti proses pengintegrasian dimulai. Setelah selesai kamu klik NEXT.
  • Nanti ada pilihan burning, terserah mau burning langsung ke CD (Direct Burn) atau mau jadiin file ISO (Make ISO) , tinggal pilih saja salah satu.
  • Semua proses NLITE sudah selesai, tinggal klik “FINISH” saja.
  • Kalo jadiin ISO tinggal burn ke CD pake Power ISO, Nero atau program burning yang lain dan CD Installer Windows XP anda sudah siap untuk di install pada Notebook ACER 4738Z anda.
  • Selamat mencoba..
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Lokakita - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger